header

MITOS DIET YANG TIDAK KAMU KETAHUI



Sekarang ini banyak sekali orang - orang yang ingin memiliki berat badan yang ideal. Banyak orang berfikir dengan membeli suplemen - suplemen tertentu bisa dengan cepat menurunkan berat badan, karena ingin sekali memiliki tubuh ideal dengan cepat. Namun yang mereka dapat hanyalah kegagalan.

Memiliki tubuh yang ideal dan sempurna adalah impian banyak orang. Untuk tujuan itulah mereka melakukan olahraga dan juga menjalankan diet yang ketat. Sekarang ini banyak orang - orang yang menyalah artikan diet tersebut. banyak sekali mitos - mitos diet yang timbul dari orang - orang yang tidak paham mengenai diet.

Disini saya akan menjabarkan beberapa mitos diet yang sangat sering ditemui.

Karbohidrat Menyebabkan Tubuh Gemuk

SALAH. Banyak yang beranggapan kalau karbohidrat adalah pemicu tubuh menjadi gemuk, dan banyak orang yang strategi dietnya adalah mengurangi karbohidrat. Menurut pandangan mereka cara ini tidak hanya efektif untuk menurunkan berat badan tetapi juga berdampak positif bagi kesehatan. ini suatu yang sangat salah, sebenarnya karbohidrat itu adalah suatu yang sangat penting bagi tubuh manusia apalagi jika sedang menjalankan diet. Jangan sekali - kali anda menghilangkan asupan karbohidrat dari menu makan Anda. Bagaimanapun, karbohidrat lah yang akan diolah menjadi energi yang dipakai tubuh untuk menjani segala aktivitas anda sehari - hari.


Yang sebenarnya adalah diet rendah karbohidrat itu bukan menghilangkan seluruh asupan karbohidrat untuk tubuh anda, tetapi hanya mengurangi asupannya saja agar tidak berlebihan. Umumnya, orang dewasa yang sehat dianjurkan mengonsumsi karbohidrat sekitar 300-400 gram/hari. Disaat anda menjalankan diet, asupan karbohidrat dapat dikurangi setengahnya atau sekitar 150-200 gram. Jika asupan karbohidrat anda terlalu sedikit maka akan menurunkan metabolisme tubuh anda sehingga anda akan kehilangan banyak sekali massa otot. Yang paling penting adalah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh harus sangat di kontrol, bukannya mengurangi asupan karbohidratnya. Jika anda sudah mengurangi asupan karbohidrat tetapi tidak mengurangi asupan lemak, maka jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda tetap saja banyak dan dapat menaikkan berat badan Anda.




Jika anda ingin mengurangi asupan karbohidrat, anda juga harus diimbangi dengan asupan protein dan serat yang cukup. Bisa dengan cara mengganti asupan karbohidrat (nasi putih) dengan sumber karbohidrat kompleks dari gandum utuh. Dan juga mengganti sebagian besar jumlah karbohidrat yang telah anda kurangi dengan asupan berbagai protein yang berasal dari daging, ikan, telur, serta kacang-kacangan. Jika anda ingin merasa kenyang lebih lama cobalah mengkonsumsi sayuran dan buah - buahan, serta sumber lemak yang sehat dari olahan susu, minyak kelapa, dan mentega.

Tidak Sarapan dan Tidak Makan Malam Supaya Cepat Kurus

SALAH. Mitos diet inilah yang sering kita temui disekitar kita, banyak sekali orang - orang yang menjalankan diet sama sekali tidak sarapan dan makan malam, menurut mereka jika tidak sarapan dan makan malam akan mempercepat pembakaran lemak yang ada di dalam tubuh karena asupan dalam sehari hanya sedikit. Sarapan dan makan malam sangat penting untuk tubuh kamu. Karena selama anda tidur dari malam hingga pagi, perut dalam kondisi kosong selama kurang lebih 7 - 8 jam. Jika anda tidak sarapan maka akan membuat lambung kamu bermasalah, dan pada siang hari anda akan kalap, anda akan memakan makanan yang sangat banyak dan belum tentu sehat, itu disebabkan karena anda terlalu lama menahan lapar dan malah akan membuat berat badan semakin naik.

Untuk makan malam, banyak yang berfikir makan malam hanya akan membuat badan semakin gemuk. Berat badan anda tidak akan naik saat makan malam jika kalori yang masuk di tubuh anda terkontrol dengan baik. Artinya anda tidak makan dalam jumlah yang berlebihan. Malah yang harus anda hindari adalah makan malam persis disaat anda akan tidur. itu amat sangat tidak disarankan.


Menghindari Asupan Lemak

SALAH. Asupan lemak juga tidak kalah penting. Selain karbohidrat dan protein, tubuh tetap membutuhkan lemak untuk memenuhi kebutuhan energi serta memperbaiki sel tubuh. Anda dapat memilih jenis lemak yang lebih sehat, seperti buah avokad, kacang-kacangan, ikan, dan biji-bijian. Sebaiknya, batasi konsumsi lemak yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti daging merah, mentega, dan berbagai makanan olahan yang tak sehat misalnya keripik, kerupuk, dan berbagai kue.

Olahraga Berlebih Membuat Cepat Kurus

SALAH. Olahraga memang hal yang paling penting saat menjalankan diet. Olahraga akan membuat berat badan anda turun jika diimbangi dengan asupan makanan sehat yang konsisten. Anda bisa melakukannya dengan bertahap, karena semuanya butuh proses. Anda tidak harus melakukannya dengan keras hingga mencapai titik ekstrem. Terlebih dahulu anda membiasakan diri dan lama kelamaan olahraga akan penjadi gaya hidup anda. Untuk permulaan anda cukup membiasakan diri untuk berjalan kaki, bukan sedikit - sedikit memakai kendaraan, cobalah untuk berjalan kaki ataupun bersepeda. Jika anda rutin dan asupan anda terkontrol, berat badan anda akan mencapai titik ideal.

Dan jika anda ingin lebih maksimal lagi, cobalah sisihkan waktu anda untuk berolahraga 30 - 60 menit sehari. Anda bisa melakukan olahraga kardio, seperti jogging, aerobik, bersepeda dan banyak olahraga kardio yang bisa anda lakukan.

Sering Menahan Lapar

Jika anda sering sekali menahan lapar, anda hanya akan menambah berat badan anda. Seperti yang telah saya katakan, jika anda menahan rasa lapar maka anda akan sangat tergoda untuk memakan makanan dengan jumlah yang berlebihan. Menahan lapar juga akan membuat tubuh anda kekurangan nutrisi dan energi yang kamu butuhkan. Nafsu makan anda akan menjadi lebih besar sehingga tanpa sadar anda makan dengan porsi yang lebih besar.

Menahan lapar juga akan memperlambat penurunan berat badan anda. Jika lebih dari berjam - jam maka akan menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak massa otot dibandingkan lemak. Hilangnya jaringan otot ini menyebabkan penurunan tingkat metabolisme tubuh, sehingga mengurangi jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Apabila jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tetap sama, maka kelebihan kalori tersebut dapat meningkatkan berat badan Anda.

PUBLISHED BY : MAGENTA

Post a Comment

0 Comments