header

NUTRISI DIET YANG PENTING (KARBOHIDRAT)

Sebelum anda berfikir untuk menjalankan diet, sebaiknya anda paham dulu dengan nutrisi diet atau sumber - sumber energi seperti karbohidrat, protein dan lemak. Komponen - komponen tersebut adalah makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh dalam porsi tertentu, karena setiap komponen memiliki fungsi penting masing-masing. Jika anda menjalankan diet, anda tidak boleh meninggalkan salah satu dari ketiga komponen tersebut.


karbohidrat


Karbohidrat yang sudah diproses didalam mulut akan masuk dan dicerna lebih lanjut di usus halus. Melalui glikolisis, karbohidrat yang terdiri dari polisakarida dan monosakarida akan dipecah menjadi glukosa sebagai bentuk sumber energi utama didalam tubuh. Kemudian, dengan bantuan insulin, glukosa akan diserap oleh sel-sel tubuh. Setelah proses yang panjang, glukosa akan diubah oleh sel-sel tubuh menjadi energi dalam bentuk 4 ATP. Sementara, karbohidrat yang berlebihan akan disimpan lewat proses glikogenesis dalam bentuk glikogen di otot dan hati, dan disimpan dalam bentuk fat deposit. Agar tidak berlebih, jumlah konsumsi yang dianjurkan adalah 45-65% dari total kebutuhan kalori, ya sekitar 50% karbohidrat pada setiap menu makan pagi, makan siang, dan makan malam. Jika terlalu banyak, maka penyimpanan lemak anda akan bertambah. nutrisi diet.

Karbohidrat dibedakan menjadi dua. Yaitu Karbohidrat Kompleks dan Karbohidrat Simpleks. Berikut ini adalah perbandingannya :

KARBO KOMPLEKS

Mengandung serat yang tinggi, yang bisa membantu sistem pencernaan tubuh, dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini akan membantu anda untuk mengatur nafsu makan dan menahan anda untuk tidak makan berlebihan.

Penyerapannya lebih lambat, sehingga mengurangi lonjakan gula darah, dan mengurangi peningkatan kerja insulin.

Karbohidrat kompleks ini dipecah sedikit demi sedikit dan tahan lama, oleh sebab itu, tubuh anda menjadi kenyang dan bisa bertahan lebih lama.

Mengkonsumsi karbohidrat kompleks bisa membantu mencegah penyakit diabetes atau penyakit gula.

Membuat pencernaan dan penyerapan nutrisi lain berjalan lebih teratur, dan mengkonsumsi karbohidrat kompleks dengan kandungan serat yang tinggi secara rutin dapat menurunkan kolesterol.

Contoh makanan: Gandum Utuh, kacang-kacangan, nasi merah, kentang, nasi hitam, oat, granola, jagung.

karbohidrat

Baca Juga : Manfaat Latihan Beban


KARBO SIMPLEKS

Mengandung serat yang rendah, kebutuhan serat tubuh/hari bagi laki-laki adalah 38 gram, dan bagi perempuan adalah 25 gram.

Sangat cepat dicerna menjadi glukosa, maka akan meningkatkan lonjakan gula darah, dan meningkatkan kerja insulin.

Memang pembentukan glukosa yang cepat ini cocok untuk tubuh yang membutuhkan sumber energi, misalnya tubuh yang baru selesai melakukan olahraga.

Karena sumber karbohidratnya cepat dicerna, tubuh akan meminta makanan lagi, maka anda akan merasa lapar lagi. Apalagi jika jam makan anda jedanya sangat lama.

Lonjakan gula darah ini membuat tubuh beresiko terkena penyakit diabetes, dan lonjakan kerja insulin akan menghalangi proses lipolisis, alhasil pemecahan lemak di tubuh anda akan berjalan lebih lambat.

Contoh makanan: Minuman bersoda, minuman manis kemasan, biskuit kemasan, kue, permen, es krim, nasi putih, roti putih, tepung, pasta.

karbohidrat

Hal ini bisa dituangkan dalam tabel angka INDEKS GLIKEMIK, dan grafik GULA DARAH.

Semakin tinggi indeks glikemik sumber karbohidrat, semakin cepat karbohidrat itu dicerna di dalam tubuh dan dipecah menjadi glukosa, dan semakin tinggi pula lonjakan gula darah yang terjadi. Semakin tinggi indeks glikemik sumber karbohidrat, semakin cepat pula kamu akan merasa lapar lagi, dan semakin terdorong kamu untuk ngemil.

Dari penjelasan diatas anda akan lebih pandai dalam memilih sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh anda. sehingga anda dapat meraih body goal anda. nutrisi diet.

PUBLISHED BY : MAGENTA

Post a Comment

0 Comments