header

TIDUR SETELAH MAKAN MEMBUAT GENDUT?


Apakah Anda Sering Tidur Setelah Makan?

"Tidur setelah makan" pasti banyak orang akan menjawab 'YA', karena pada dasarnya jika anda mengantuk setelah selesai makan anda pasti kelebihan porsi makan. Nutrisi yang di terima oleh tubuh anda tidak mencukupi dan mengandung gula yang sangat tinggi. Anda tahu? jika anda makan – makanan yang mengandung gula yang sangat tinggi seperti nasi dalam porsi yang banyak akan dapat menyebabkan gula darah dan insulin anda naik. Kemudian gula darah itu akan cepat sekali turun dan terjadilah, anda akan mengantuk kemudian anda tidur. Setelah anda bangun dari tidur anda dengan gula darah yang tidak stabil anda pun mencari makanan lagi dan anda menjadi gemuk ! Inilah yang sering orang - orang lakukan, makanya terciptalah mitos anda akan gendut karena Tidur Setelah Makan.


Apakah Kita Akan Bertambah Gendut Jika Tidur Setelah Makan?

Sudah pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya (monggo di cek) Jika anda tetap makan malam tetapi dengan kalori yang terkontrol atau biasa kita sebut dengan kalori defisit maka akan turun berat badan anda. Tetapi, jika anda mengkonsumsi makan tapi sudah kalori surplus maka berat badan pasti akan bertambah.


Baca Juga : Perut Masih Buncit, Kenapa?


Kalori defisit itu adalah ketika kita mengkonsumsi makanan kurang dari yang tubuh kita butuhkan. Bila tubuh kita butuh 1500 kalori / hari dan kita makan cuma 1000 kalori tentu kekurangan energi ini akan diambil dari lemak. Karena lemak adalah cadangan energi!

Mari kita berikan contoh, seorang pria butuh 1900 kalori / hari.

Jadi misalkan pagi hari anda sudah sarapan 500 kalori, snack pagi 500 kalori, makan siang 500 kalori, snack sore 500 kalori. Total sudah 2000 kalori sampai sore, anda sudah kelebihan. Lalu, makan malam lagi 500 kalori. Total keseluruh 2500 kalori / hari.

Tentu saja penambahan lemak akan terjadi. Idealnya hanya butuh 1900 tapi makannya 2500 kalori. Kelebihan energi 600 ini akan disimpan jadi cadangan energi di tubuh atau lemak.

Tapi, kalau anda seharian baru makan 500 kalori misalnya, dan jam 11 malam makan lagi 500 kalori sebelum tidur. Apakah lemak bertambah?Tentu tidak! Karena di total masih 1000 kalori. Maka akan terjadi penurunan lemak.

Intinya, tidak masalah jika tidur setelah makan asal diberi jeda, dan kalori terkontrol dengan baik.

PUBLISHED BY : MAGENTA

Post a Comment

0 Comments