header

DIET SAAT BERPUASA

puasa diet


Sebagian dari anda pasti sering lupa diri saat berbuka puasa, dan merusak pola diet anda. Bagaimana cara aman berpuasa tanpa merusak diet? mari simak beberapa tips berikut.

Saat memasuki bulan puasa, grup - grup di social media pasti akan banyak bermunculan, dari bukber SD sampai SMA maupun rekan kerja. Karna jadwal bukber yang sangat banyak sehingga anda tidak bisa lagi mengatur pola makan anda saat berpuasa. Dan pada akhirnya anda gagal menjalankan diet saat bulan puasa.

Menahan lapar dan haus sekitar 13 jam pasti akan membuat anda lapar mata dan lapar milut, anda ingin sekali membeli banyak makanan untuk anda santap disaat berbuka puasa. Rasanya anda ingin sekali mengunyah makanan enak yang dijual di sekitar anda, serasa anda harus membalaskan dendam karna menahan lapar dan haus seharian.

Nah banyak yang bertanya - tanya nih, gimana ya supaya kita tidak kalap saat berbuka puasa? Berikut beberapa hal yang akan saya bahas.

Ketahuilah Jumlah Kalori Yang Anda Butuhkan

Berpuasa bukan berarti anda semata - mata mengurangi asupan kalori yang anda butuhkan. tapi anda tetap menjaga asupan kalori yang di butuhkan tubuh dan membaginya untuk sahur dan berbuka. Misalkan kebutuhan kalori ana sehari saat menjalankan diet adalah 1400 Kalori, maka anda bisa bagi jumlah kebutuhan kalori itu untuk sahur 700 kalori dan berbuka 700 kalori.

Atur Menu Makanan

Jika kalori yang anda butuhkan sudah anda ketahui, sekarang anda harus mengatur menu makanan. Pilihlah karbohidrat kompleks, apakah itu nasi merah, roti gandum, jagung, ataupun kentang dengan GI (Glikemik Index) yang rendah. Kemudian siapkan lauk yang tinggi protein dan rendah lemak seperti ayam, ikan, daging ataupun telur. Selanjutnya jangan lupakan sayur dan buah, karena akan sangat efektif untuk menjaga anda dari rasa lapar.


BACA JUGA : Mitos Diet Yang Tidak Kamu Ketahui


Cukupi Kebutuhan Cairan

Agar terhindar dari dehidrasi, tetap jaga asupan cairan anda dengan air yang cukup sekitar 3 liter saat sahur dan berbuka. Agar gampang menghitung sudah berapa liter air yang anda minum, gunakanlah botol yang memiliki takaran sehingga anda tidak lupa berapa air yang sudah anda minum.

Beraktivitas Saat Berpuasa

Jangan jadikan puasa sebagai penghambat untuk melakukan aktivitas. Carilah aktivitas yang akan membuat kamu melupakan rasa lapar dan haus. Dan cobalah mencari aktivitas yang anda senangi, agar anda teralihkan dan terhindar dari lapar mata.

Pelan - Pelan saat Makan dan Minum

Makanlah dengan pelan - pelan, karna saat berpuasa lambung anda tidak banyak beraktivitas, jika langsung makan banyak dengan cepat, organ pencernaan anda akan bekerja lebih ekstra dan akan membuat perut anda sakit. Selain menjaga organ pencernaan, makan dengan pelan - pelan juga membantu anda untuk mengendalikan nafsu makan, sehingga anda tidak kalap saat menyantap makanan.

Kendalikan Diri

Sebanyak apapun ajakan bukber dari teman - teman anda, selama anda bisa mengendalikan diri dalam memilih dan mengkonsumsi makanan, diet anda akan tetap lancar tanpa adanya kegagalan. Selama anda bisa menyibukkan diri dengan aktivitas yang anda sukai, mencukupi cairan tubuh, diet anda akan tetap lancar. Ingatlah tujuan anda berpuasa dan diet itu untuk apa.

Tidur Yang Cukup

Jika anda kurang tidur saat berpuasa, maka anda akan semakin lemas dalam menjalankan puasa, dan saat berbuka ataupun sahur, anda akan mengkonsumsi makanan dengan tidak terkontrol. Jadi tidur adalah faktor penting dalam diet saat puasa.

PUBLISHED BY : MAGENTA

Post a Comment

0 Comments